Jumat, 11 November 2016

BIAYA PRODUKSI, PENERIMAAN PRODUSEN, DAN LABA

BAB 7
BIAYA PRODUKSI, PENERIMAAN PRODUSEN, DAN LABA
Ingin Belajar Bangun Bisnis di Internet Namun Banyak Kendala? Kami punya video-video tutorialnya, semoga membantu. 

silahkan klik link dibawah ini


Silahkan KLIK tulisan tonton vidio 
untuk mendapatkan vidionya :



BIAYA PRODUKSI (cost)
Biaya produksi adalah jumlah pengorbanan biaya yang dikeluarrkan produsen untuk menghasilkan sejumlah output. Untuk memperoleh keuntungan maksimum, setiap produsen harus berusaha menekan biaya produksi serendah mungkin.
Pada dasarnya biaya produksi ada dua macam, yaitu:
a.       Biaya tetap (Total Fixed cost/ TFC)
b.      Biaya variable totaL (Total Variable cost/ TVC)
Konsep matematis biaya produksi
1.      Biaya Total (total cost / TC), artinya  keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk produksi
2.      Biaya tetap rata-rata (average fixed cost/ AFC), artinya biaya tetap pada tiap unit
   Q= unit prodksi
3.      Biaya variable rata-rata (average variable cost/ AVC) artinya biaya variable yang ditetapkan pada setiap unit
4.      Biaya rata-tara (average cost/ AC) artinya biaya total yang dikenakan pada setiap unit
5.      Biaya marginal (marginal cost/ MC), artinya tambahan biaya karena adanya tambahan  satu unit produksi
PENERIMAAN (revenue) produsen
            Renenue adalah penerimaan yang diperoleh dari hasil penjualan outputnya.
Konsep matematis revenue
1.      Biaya penerimaan (total revenue / TR), artinya  penerimaan seluruh penjualan produsen
2.      Penerimaan rata-rata (average revenue AR), artinya penerimaan per unit penjualan produsen
3.      Pendapatan marginal (marginal revenue/ MR), artinya kenaiakn penetimaan total akibat  bertambahnya unit uutput
Contoh
            Diketahui fungsi permintaan P = 100 -2Q. tentukan fungsi permintaan total, besarnya permintaan total, penerimaan rata-rata, dan penerimaanmarginal jika terjual 10 unit
Jawab
·         Fungsi Penerimaan total
                       
·         Besarnya penerimaan total
Jika Q=10
                       
·         Besarnya penerimaan rata-rata
·         Besarnya penerimaan marginal
                       
KEUNTUNGAN MAKSIMAL (profit)
1.      Keuntungan / kerugian
2.      Titik impas atau tidak ada laba atau rugi
3.      Keuntungan maksimum atau laba maksimum

Keuntungan maksimum pada pasar persaingan sempurna

 

P                                                MC

 

                                                        AC

                                 B            P=AR=MR=D

                                  C


0
                       
keterangan
1.      Harga tebentuk saat MC memotong AR
2.      Harga pasar tertinggi
3.     
4.     
5.      Keuntungan maksimum  CB dengan jumlah output  dan harga
6.      Kurva MC selal memotong AC minimum




LATIHAN SOAL BAB 7
1.      Sebuah perusahaan kerugiannya akan minimum apabila berproduksi pada ….
a.       biaya marjinal sama dengan penerimaan marjinal (MC = MR)
b.      biaya total (TC) yang minimum
c.       biaya per unit (AC) yang minimum
d.      penerimaan total (TR) yang maksimum
b.      biaya marjinal (MC) yang minimum
(soal olimpiade ekonomi 2007)
2.      Perusahaan Donat Enak dalam memproduksi 200 box telah mengeluarkan biaya-biaya sebagai berikut :
1.      terigu Rp.180.000,00
2.      gula putih Rp.150.000,00
3.      telor Rp. 60.000,00
4.      obat kue Rp. 40.000,00
5.      gaji karyawan produksi Rp.600.000,00
6.      penyusutan mesin Rp.120.000,00
7.      bahan pembantu Rp. 80.000,00
Berdasarkan data di atas maka besarnya biaya variabel rata-rata (average variable cost) setiap box adalah....
a.       Rp. 600,00
b.      Rp.1.000,00
c.       Rp.3.400,00
d.      Rp.3.600,00
e.       Rp.5.500,00
3.      Tabel jumlah produksi dan harga satuan pada perusahaan sepatu Quality antara bulan Januari sampai Agustus tahun 2005 terlihat sebagai berikut :
Bulan
Jumlah produksi
Harga satuan
Januari
2.100 pasang
Rp.50.000,00
Februari
2.400 pasang
Rp.50.000,00
Maret
2.600 pasang
Rp.55.000,00
April
2.900 pasang
Rp.55.000,00
Mei
3.000 pasang
Rp.60.000,00
Juni
3.600 pasang
Rp.65.000,00
Juli
4.100 pasang
Rp.70.000,00
Agustus
5.000 pasang
Rp.70.000,00

Berdasarkan tabel di atas maka besarnya penerimaan marjinal (MR) pada bulan Maret dan Agustus 2005 adalah ....
a.       Rp. 5.000,00  dan     Rp. 0,00
b.      Rp. 5.000,00 dan      Rp.70.000,00
c.       Rp. 50.000,00 dan     Rp.70.000,00
d.      Rp. 115.000,00  dan Rp.70.000,00
e.       Rp. 1.000.000,00 dan            Rp. 0,00
4.      Perhatikan grafik di bawah
C/R
                                                MC
                                    TR                   TC
                                    2                     
            1                      3          4          VC
                                                            FC
            5
     0

Berdasarkan grafik di atas laba terjadi pada daerah...
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5
5.      Biaya yang jumlahnya berubah-ubah menurut tinggi rendahnya output yang dihasilkan disebut
a.       Biaya tetap                            d. biaya rata-rata
b.      Biaya variable                        e. biaya marginal
c.       Biaya total
6.      Laba maksimum akan diperoleh produsen jika
a.       MC>MR                    d. MC<MR
b.      MR<MC                    e. MR=MC
c.       MR≥MC
7.      Pada tingkat produksi sebesar 150 unit, biaya total yang dikeluarkan Rp1.000, kemudian produksi bertambah menjadi 200 unit, dan biaya yang dikeluarkan menjadi Rp1.200, besarnya biaya marginal adalah…
a.       8                d.5
b.      7                e. 4
c.       6
8.      Pada saat produksi barang 4 unit, harga yang ditetapkan Rp200 per unit. Hasil produksi dinaikan  menjadi 6 unit, harga turun menjadi Rp190. Berdasarkan data tersebut, nilai MR adalah…
a.       200
b.      190
c.       180
d.      170
e.       160
9.      Konsep biaya produksi berikut ini adalah benar, yakni . . . .
a.       MC = TC/Q
b.      AFC = AC – AVC
c.       TC = FC – VC
d.      kurva AFC berbentuk horizontal
e.       kurva AVC naik dari kiri bawah ke kanan atas, dimulai dari titik origin
10.  Bila diketahui marginal revenue perusahaan yang berada di pasar persaingansempurna adalah 80 (MR = 80), average cost 150 ( AC = 150), average variablecost 120 (AVC = 120), dan output yang diproduksi sebanyak 500 unit, makabarang tersebut dijual dengan harga . . . .
a.    30
b.    70
c.    80
d.    120
e.       150
11.  Keseimbangan produsen tercapai pada saat . . . .
a.       kurva permintaan berpotongan dengan kurva penawaran
b.      perusahaan mencapai laba maksimum
c.       kurva isocost berpotongan dengan isoquant
d.      kurva isocost bersinggungan dengan isoquant
e.       kurva total cost (TC) berpotongan dengan kurva total revenue (TR)
12.  Firms maximize profits by producing the output quantity where . . . .
a.       P = MR
b.      MR = AVC
c.       MC = AVC
d.      MR = MC
e.       P = AFC
(Soal olimpiade ekonomi 2008)
13.  Revenue and cost structure for a competitive firm is . . . .
a.       Total Revenue = Average Revenue
b.      Total Revenue = Marginal Revenue
c.       Total Cost = Marginal Revenue
d.      Average Revenue = Marginal Revenue
e.       Average Revenue = Average Cost
JAWABAN SOAL BAB 7
1.      A
2.      E
Biaya variabel : biaya yang berubah menurut tinggi rendahnya output yang diproduksi.
Yang termasuk biaya variabel : bahan baku, bahan penolong, upah tenaga produksi,
transportasi.
                        =5.500

3.      D
Marginal Revenue (MR) adalah tambahan penerimaan atas penerimaan karana penjualan satu
kesatuan tambahan barang.
Dimana TR = P x Q
Bulan
Harga (p)
Jumlah (Q)
TR (PXQ)
MR
Februari
50.000
2.400
120.000.000

Maret
50.000
2.600
143.000.000
115.000
Juli
70.000
4.100
287.000.000

Agustus
70.000
5.000
350.000.000
70.000

4.      B
Terjadinya Laba apabila TR = TC = 0, daerah disebelah atas pertemuan TR dan TC disebut daerah laba.
5.      B
Biaya variable adalah biaya yang jumlahnya berubah-ubah bergantung pada banyak sedikitnya jumlah produksi
6.      E
7.      E
MC=∆TC/∆Q
MC=(1200-1000)/(200-150)
MC=200/50=4
8.      B
MR = 190
9.      B
10.  C
11.  D
12.  D

13.  D

1 komentar:

Dasar dasar ekonomi

PRILAKU KONSUMEN DAN PRODUSEN Ingin Belajar Bangun Bisnis di Internet Namun Banyak Kendala? Kami punya video-video tutorialnya, semoga ...